Pondok Pesantren Barokah Darurrohman

Ad Code

INFO

4/recent/ticker-posts

Tarhib Ramadhan ala Santri Pondok Pesantren Barokah Darurrohman

 

Terhib Ramadhan Santriwan dan Santriwati Pondok Pesantren Barokah Darurrohman

Sabtu,02/04/2022. Pondok Pesantren Barokah Darurrohman Sukawangi Bekasi mengadakan kegiatan Terhib Ramadhan 1443 H. Pada tarhib tahun ini para santri berkreasi dengan berpenampilan unik dan nyentrik, seperti didapati ada santri yang berpakaian ala hantu dengan bertuliskan "kami siap dipenjara karna sebentar lagi bulan puasa".  Ini Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW :

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ ، وَفُتِحَتْ أَبُوَابُ الجَّنَةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ

Artinya, “Ketika masuk bulan Ramadhan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup,” (HR Bukhari dan Muslim).

Ada juga yang berpakaian dari anyaman daun kelapa dengan berkalungkan ketupat, yang mana ketupat adalah salah satu icon bulan suci ramadhan.

Tarhib Santri Pondok Pesantren Barokah Darurrohman

Pada Tarhib Ramadhan tahun ini juga para Santri Pondok Pesantren Barokah Darurrohman tidak hanya sebatas menyambut kedatangan bulan suci ramadhan, akan tetapi mengingatkan dan mengajak kepada masyarakat untuk menghidupkan bulan ramadhan dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Diantara amalan-amalan dibulan ramadhan adalah:

Pertama Berpuasa, tentunya ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim pada setiap bulan suci ramadhan. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat  Al-Baqarah ayat 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaiman telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa.” (QS Al-Baqarah : 183).

Kedua menghidupkan  malam-malam ramadhan, yang berarti melaksanakan segala ibadah sunah pada setiap malam bulan ramadhan, seperti Sholat Tarawih, Tahajud, Tasbih dan lain sebagainya. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :

"Barangsiapa yang melakukan ibadah (shalat tarawih) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat” (HR Muslim).

Tarhib Ramadhan Pondok Pesantren Barokah Darurrohman

Ketiga membaca Al-Qur'an, 

Al-Qur'an adalah sebagai petunjuk bagi manusia, sebagaimana Firman Allah SWT Surat Al-Isra ayat 9 :

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra : 9)

Banyak pahala yang bisa kita dapatkan dari membaca Al-Qur'an, karna membaca satu huruf Al-Qur'an makan bernilai 10 kebaikan. Sebagaimana Hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Mas'ud Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi). 

Bulan ramadhan adalan bulan yang mulia karna pada bulan ramadhan Allah SWT menurunkan mukjizat yang sangat luar biasa yaitu Al-Qur'an, pada bulan suci ramadhan juga kita diwajibkan berpuasa dan berzakat fitrah, inilah alasan kenapa bulan  ramadhan menjadi bulan yang mulia.

Untuk itu jangan sampai kita lewatkan bulan yang mulia ini dengan begitu saja, akan tetapi pada bulan yang mulia ini kita jadikan sebagai momentum untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.


Posting Komentar

0 Komentar

.