Pondok Pesantren Barokah Darurrohman

Ad Code

INFO

4/recent/ticker-posts

Kemuliaan Malam Nisfu Sya'ban

Kemuliaan Malam Nisfu Sya'ban
Malam Nisfiu Sya'ban di Ponpes Barokah Darurrohman

Di antara kemuliaan malam nisfu sya'ban adalah malam yang penuh dengan ampunan Allah SWT, pada malam nisfu sya'ban juga dilaporkannya amal tahunan manusia. maka dari itu Pondok Pesantren Barokah Darurrohman mengadakan acara bersama seluruh santri dan seluruh jamaa'ah baik bapak - bapak maupun Ibu-ibu, berkumpul dan bermunajat kepada Allah SWT dengan membacakan Surat Yasin, Tahlil dan Do'a. Tentunya masih banyak amalan - amalan sunnah yang bisa kita lakukan pada bulan Sy'aban.

Kemuliaan Malam Nisfu Sya'ban

Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka. 
Setidaknya ada 3 Amalan sunnah di malam Nisfu Sya'ban, yaitu :
1. Memperbanyak membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Berdasarkan Firman Allah SWT :
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab Ayat 56) 
Bahwasannya ayat ini turun dibulan Sya'ban, Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani dalam Kitabnya Al-Gunyah Jilids 3 Halaman 342 mnegatakan:
وهو شهر الصلاة على النبي المختار
“Sya’ban Ialah bulan bershalawat kepada Nabi pilihan”.
Rasulullah SAW bersabda:

عن عبد الله بن مسعود أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : أو لي الناس ي يوم القيامة أكثر هم علي صلاة
"Dari Abdullah Ibnu Mas'ud, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : ' orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca sholawat untukku "

Kemuliaan Malam Nisfu Sya'ban

2. Memperbanyak Do'a

Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad saw bersabda: 
 ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء  
Artinya, “(Rahmat) Allah swt turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR al-Baihaqi).

3. Memperbanyak membaca Istighfar

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan, istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa maka dari itu kita di anjurkan untuk senantiasa memperbanyak membaca Istighfar. pada bulan sya'ban segala dosa diampuni oleh ALLAH SWT.

Seperti firman Allah SWT:
 وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ 
Artinya: “Dan minta ampunlah kepada Robb kalian, dan bertaubatlah. Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai kepada waktu yang sudah ditentukan, dan Dia akan memberikan kepada hambanya yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.”(QS.Hud ayat 3)



Posting Komentar

0 Komentar

.