Pondok Pesantren Barokah Darurrohman

Ad Code

INFO

4/recent/ticker-posts

Ingin Pahala yang Unlimited? Bersedekahlah!

Ingin Pahala yang Unlimited? Bersedekahlah!
Catatan Santri : Muhammad Mufti Umam

Sedekah merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271,

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamum menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Itulah kenapa Sedekah termasuk amalan yang luar biasa, amalan yang walaupun dipamerkan tetap mendapat pahala. Namun akan lebih baik jika bersedekah tanpa harus dipamerkan ,seperti peribahasa "Tangan kanan memberi, tangan kiri tidak perlu mengetahuinya"

Lalu kenapa dengan bersedekah kita bisa mendapatkan pahala yang unlimited?

Pahala unlimited yang dimaksud adalah pahala yang akan terus menerus mengalir walaupun kita sudah meninggal dunia. Tentunya ini sangat diinginkan oleh kita semua, bagaimana tidak,  paket kuota unlimited saja banyak yang menginginkan apalagi pahala yang unlimited. Lalu bagaimana cara kita mendapatkan pahala yang unlimited,? Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مات ابن آدم انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ:  صَدَقَةٍ  جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ (رواه مسلم)

Artinya: Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

Hadits diatas memberi peringatan atau dorongan kepada kita semua yang masih hidup agar dapat memanfaatkan waktu hidup ini dengan sebaik mungkin untuk beribadah kepada Allah SWT sebagai bekal bagi kita karena hidup di dunia hanya sekali dan tak pernah terulang kembali.

Bersedekah termasuk satu diantara tiga amalan yang pahalanya akan terus mengalir walaupun kita sudah meninggal dunia. Bayangkan saja ketika kita bersedekah harta ataupun benda, selama harta atau benda yang kita sumbangkan digunakan untuk hal-hal yang baik, maka selama itu pula amalnya akan terus mengalir tanpa mengurangi pahala orang yang menggunakan harta/benda yang kita sedekahkan.

Bahkan bukan hanya pahala unlimited saja yang kita dapatkan tapi sedekah juga bisa membuat kita kaya. Nabi Muhammad saw bersabda Ma naqoso maalul bi sodaqoti bal yazdad, bal yazdad, bal yazdad

"Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, tetapi tambah, tambah dan tambah. Pada kesemptan lain Habib Yahya Rosyad dari Grobogan pernah berkata dalam ceramahnya bahwasannya “Assodaqotu pangkal kaya, utawi sedekah itu pangkal kaya,"

Terkadang setan selalu menakuti manusia akan kefaqiran dalam bersedekah, Padahal matematika Allah SWT tidak demikian mengenai sedekah. 

Jangan menunggu kaya untuk bersedekah, tapi bersedekahlah sampai kaya.

Tentunya sedekah yang dilakukan semestinya dengan menggunakan harta yang halal, bukan syubhat apalagi haram, sebagaimana riwayat Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: “Innallâha thayyibun lâ yaqbalu illâ thayyiban”, sungguh Allah adalah Dzat yang Mahasuci dari segala kekurangan dan hanya menerima hal-hal yang baik (HR Muslim). Wallâhu a’lam.

Posting Komentar

0 Komentar

.